Anak Usaha PT. PERTAMINA yang terkenal dengan sebutan PETRAL, kepanjangan dari PT. PERTAMINA ENERGY TRADING Ltd., adalah ‘broker’ usaha jual beli minyak. Disinyalir PETRAL merupakan tempat berkumpulnya ‘mafia migas’ yang menyebabkan harga BBM menjadi mahal.

Oleh karena itu, pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai memiliki prestasi dengan kemampuannya membubarkan PETRAL. Karena mengingat pada tahun 2006, isu pembubaran PETRAL itu telah mencuat di era pemerintahan Presiden SBY. Tetapi, pembubaran PETRAL pun tidak jua kunjung datang hingga akhir kekuasaan pemerintahan Presiden SBY.

Setelah PETRAL dibubarkan, terus para ‘mafia migas’-nya dikemanakan dan dibagaimanakan?

Pertanyaannya, “Apakah benar PT. PERTAMINA itu milik Negara RI? Atau milik perseorangan?

Karena bila PT. PERTAMINA itu benar-benar milik Negara RI, maka pembubaran PETRAL sebagai tempat berkumpulnya ‘mafia migas’ oleh Presiden Joko Widodo adalah merupakan hal yang lumrah (biasa-biasa saja).

Tetapi, bila PT. PERTAMINA itu benar-benar milik perseorangan, maka pembubaran PETRAL oleh Presiden Joko Widodo merupakan prestasi yang perlu dicatat di dalam Sejarah Bangsa Indonesia. Mengingat Presiden SBY tidak mampu membubarkan PETRAL di era kepemimpinannya! Terus PT. PERTAMINA milik siapa?

Sebenarnya pembubaran PETRAL itu juga sudah cukup dilakukan oleh PT. PERTAMINA saja, karena PETRAL adalah anak usaha PT. PERTAMINA. Bahasa lainnya, terlalu tinggi untuk membubarkan PETRAL saja kok ya harus Presiden RI, dalam hal ini Presiden Joko Widodo yang turun tangan.

Bukankah PT. PERTAMINA juga sudah ada isu akan dijual? Karena mengingat bisnis minyak sudah tidak menggiurkan lagi di masa-masa yang akan datang sejak ditemukan sumber bahan baku minyak lainnya di dunia yang berasal dari batuan.

Dari kondisi tersebut di atas dapat difahami “Mengapa PETRAL harus dibubarkan!”

Pertanyaan kedua adalah “Ada apa Presiden Joko Widodo, sebagai Presiden RI, terlibat pembubaran PETRAL melalui Kementrian ESDM? ASHK, PETA

(Agus Salim Harimurti Kodri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

anakgonggo distributor tiket online melayani pembelian dan pendaftaran tiket online MMBC. Reservasi 085624446464 Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: