Masih inget blue energy yang pernah menghebohkan negara kita bahkan katanya Pak presiden kita dulu SBY bahkan kena tipu?, Istilah blue energi itu diperkenalkan oleh penemunya Djoko Suprapto warga warga Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Blue energi ini oleh Djoko Suprapto diambil dari air laut lalu diolah dengan menggunakan katalis tertentu sehingga bisa merubah air menjadi bahan bakar karbon seperti bensin, solar bahkan avtur.

Banyak pakar ahli waktu itu menyatakan hal ini tidak dapat diterima jika dikaji dengan ilmu pengetahuan, bahkan apa yang dikatakan oleh Djoko Supraptono ini sebagai penipuan berkedok akademis. bahkan presdien pun dianggap telah ditipu Djoko Suprapto dengan proyek blue energinya.


Sebenarnya apakah Air bisa dijadikan Bahan bakar layaknya bensin atau minyak tanah?, coba kita lihat salah satu penemuan terbaru dari sepeda motor yang menggunakan bahan bakar air hasill karya mahasiswa USU. Para Mahasiswa ini mengklaim mereka telah berhasil menggunakan air sebagai bahan bakar untuk kendaraan motor, walaupun tidak murni 100% air tapi mereka juga menggunakan etanol sebagai campuran untuk air tersebut.

Photo ini diambil dari www.usu.ac.id ini sebagai bukti bahwa penelitian yang dilakukan sejak 2007 oleh Departemen Fisika FMIPA USU dalam hal ini Team Of Auto Physics yang di danai oleh PT. Pertamina, Tbk telah berhasil menciptakan motor yang menggunakan air dan etanol sebagai bahan bakar untuk menjalankannya. Rencananya Universitas Sumatera Utara (USU) akan mematenkan penemuan motor berbahan air ini , serta kemungkinan motor berbahan bakar air ini akan dipoduksi masal setelah hak paten telah di peroleh pihak USU.


Sebenarnya air dijadikan bahan bakar telah banyak yang telah banyak dihasilkan, bahkan ada yang menggunakan air asin telah berhasil diciptakannya. Adalah sebuah perusahaan riset teknologi di Jerman, nanoFlowcell AG berhasil membuat sebuah mobil sport ramah lingkungan yang diberinama Quant e-Sportlimousine. Kecepatan lari mobil ini dirancang agar dapat menempuh kecepatan penuh hingga 350 km/jam. Nah tidakkah kita berpikir penemuan mobil dengan bahan bakar dari air asin sama juga seperti “blue energi” Djoko Suprapto yang dtuduh menipu dan sampai sekarang pun saya naggap masih penuh kabut misteri.

(Iwan Delsu kunjungi blog saya di www.kogajakarta.wordpress.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: