Gary Neville resmi ditunjuk sebagai pelatih Valencia, klub La Liga yang belum lama ditinggal sang pelatih Nuno Espirito Santo yang mengundurkan diri karena gagal mengangkat performa tim pada 29 november lalu. Valencia di bawah kepelatihan Espirito hanya mampu berada di peringkat sembilan klasemen sementara La Liga.

Neville yang ditunjuk sebagai pelatih utama Valencia hingga akhir musim ini mulai melatih para pemain pada Minggu 6 Desember saat persiapan laga kontra Olimpic Lyon di lanjutan Liga Champions. Kehadiran Gary Neville di Valencia seolah melengkapkan duel Neville bersaudara di Valencia. Adik Gary yang juga mantan pesepak bola dunia, Phil Neville telah menjadi asisten pelatih Valencia sebelum kedatangan Garry.

Kehadiran Gary Neville melatih di klub La Liga pun mencatatkan rekor baru, yakni menjadi pelatih asal Inggris pertama di Valencia setelah 81 tahun absen tanpa pelatih berpaspor Inggris. Bagi Neville, Valencia merupakan klub profesional pertamanya selepas pensiun dari Manchester United pada 2011. Usai gantung sepatu, pelatih berusia 40 tahun ini sebelumnya hanya menjadi pengamat sepakbola di media olahraga ternama Sky Sports. Ia pun menjadi staf pelatih timnas Inggris bersama Roy Hodgson. Meski didaulat menjadi pelatih utama Valencia, Gary Neville memastikan diri akan tetap menemani Roy Hodgson menjadi asisten pelatih timnas Inggris hingga gelaran piala Eropa 2016 selesai.

Selama 20 tahun membela Manchester United, Gary Neville terbilang sukses. Ia telah memainkan 602 partai di berbagai ajang kompetisi, sebagai bek kanan ia pun sukses mencetak 7 gol bagi MU, tak hanya itu, Gary Neville telah bermain pada 80 partai bersama timnas Inggris. Garry Neville juga telah menikmati berbagai gelar bergengsi di kancah sepakbola. Delapan kali gelar Premier league, dua gelar liga Champions, 3 gelar FA Cup, hingga gelar piala Interkontinental telah diraihnya bersama Manchester United.

kini Gary Neville dituntut mampu meramu taktik jitu di Valencia guna mendongkrak El Che ke jalur juara Liga Spanyol musim 2015-2016.

#IbuKece

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: