www.anakgonggo.com-gerhana matahari total 9 maret 2016 hanya ada di indonesia

Pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2016 masyarakat hampir di seluruh Indonesia akan menyaksikan fenomena alam yang luar biasa, yaitu Gerhana Matahari Total. Gerhana kali ini akan terasa istimewa bagi masyarakat Indonesia, karena jalur totalitas gerhana hanya akan terjadi di wilayah Indonesia.

Gerhana Matahari akan terjadi di pagi hari sekitar pukul 7.24 WIB ketika ketinggian Matahari mencapai 9 derajat. Lamanya gerhana Matahari akan memakan waktu tak lebih dari 5 menit, atau perkiraannya 4 menit 9 detik untuk totalitas gerhananya menurut perhitungan ilmu astronomi. Gerhana ini juga akan terasa dilihat dengan indah karena akan ada fenomena cahaya berwarna putih di samping bulatan terjadinya gerhana.

Wilayah Indonesia yang akan tertutup oleh gerhana Matahari total di antaranya:
– Palembang,
– Bangka Belitung,
– Pangkalan Bun, Kalimantan,
– Sampit,
– Palangkaraya,
– Balikpapan,
– Poso,
– Ternate, dan
– Palu.

Sedangkan untuk wilayah yang tidak tertutup gerhana Matahari total, anda akan tetap menyaksikan fenomena keindahan lengkungan cahaya Matahari atau Matahari akan berbentuk sabit berwarna putih bercahaya, seolah-olah bukan Bulan yang nampak putih seperti yang sering kita lihat, Bulan akan menutupi permukaan Matahari hingga 85-86%.

Untuk masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana Matahari ini dihimbau agar tidak melihatnya secara langsung dengan kasat mata. Gunakanlah alat pelindung mata seperti kaca mata khusus atau melalui pantulan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: