Gunung Sinabung di kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus dan meluncurkan awan panas pagi tadi. dampak dari letusan Gunung Sinabung menyebabkan kota Brastagi diselumuti debu vulkanik. tak hanya itu lahan pertanian warga pun rusak akibat tebalnya debu vulkanik tersebut.

Asap tebal membumbung tinggi dari puncak Gunung Sinabung, di kabupaten Karo, Sumatera Utara, letusan Gunung Sinabung pagi tadi juga meluncurkan awan panas ke arah Tenggara dan Timur.

Status Gunung Sinabung masih awas level IV

Dari catatat pos pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi tercatat telah terjadi 45 kali guguran, dan tremor masih terus terjadi, terus menerus.

Akibat letusan, disertai  luncuran awan panas Gunung Sinabung, kota Brastagi diselimuti debu vulkanik yang snagat tebal. warga dan pengendara pun terpaksa harus menggunakan masker untuk menghindari Ispa.

Debu juga menyebabkan jarak pandang kendaaraan sangat pendek. Aktifitas warga pun terganggu akibat guyuran debu vulkanik.

Lahan pertanian rusak, petani bakal gagal panen

Dampak letusan Gunung Sinabung juga menyebabkan lahan pertanian warga rusak. Akibatnya petani bakal mengalami gagal panen. Mereka pun mengaku akan mengalami kerugian jika lahan pertanianya tidak segera dibersihkan dari debu vulkanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: