Kelangkaan BBM tengah melanda utamanya wilayah Pantura. Namun Pertamina membantah adanya kelangkaan BBM. Antrean panjang dan habisnya stok BBM disejumlah SPBU disebut sebagai dampak dari pengurangan kuota BBM bersubsidi sebanyak 2 juta kiloliter Beberapa hari terakhir antrean panjang terjadi di SPBU di wilayah Pantura pulau Jawa. Namun Pertamina membantah tengah terjadi kelangkaan BBM bersubsidi. Pertamina mengklaim pasokan BBM masih normal hanya penyalurannya yang dibatasi.

Kuota BBM bersubsidi telah dipangkas dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter.

Ada dua pilihan bagi pertamina, yaitu mengendalikan penyaluran BBM di daerah agar ketersediaan cukup sampai akhir tahun, atau BBM disalurkan dengan normal, dengan resiko stok BBM habis sebelum akhir tahun.

Tanggal 1 Agustus Pertamina memberhentikan penjualan Solar subsidi di seluruh SPBU di Jakarta Pusat. Solar bersubsidi diganti solar non subsidi dan Pertamina Dex yang harganya lebih mahal dua kali lipat. Tanggal 4 Agustus waktu penjualan solar subsidi di SPBU SPBU tertentu di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali dibatasi mulai pukul 8 sampai 6 sore. Tanggal 6 Agustus seluruh SPBU di ruas tol dilarang menjual premium bersubsidi, dan menggantinya dengan pertamax.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: