Assalamualaikum, Merdeka !!!  sebagai salam nasional kita. Sejarah ialah ingatan bila suatu bangsa lupa akan sejarah bagai segerombolan manusia yang kehilangan arah untuk apa ia lahir, akil balik Dan dewasa. 

Analogi di atas sebgai cerminan bangsa Indonesia pasca amandemen 2002, yang secara sistemik mengarahkan bangsa ini  menjadi suatu bangsa yang lupa akan, untuk apa kita bersatu sebgai satu bangsa ‘lahirnya bangsa’, merdeka Dan membentuk negara. 


Pancasila ialah sumber dari segala sumber hukum dalam kehidupan berbangsa Dan bernegara, sehingga UUD/UU/PP/PERDA mesti merujuk kepada sumber hukum yakni Pancasila. 


Pancasila mengamanatkan kita untuk bermusyawarah dimana gotong royong bentuk kemufakatannya. Sejarah telah membuktikan ‘kesaktian’ ketika kita sebgai suatu bangsa bersatu Dan bergotong royong dapat memperjuangkan kemerdekaannya yang ingin di ambil kembali oleh imprealisme 1945-1949, hingga kemerdekaan dapat di pertahankan.


Mari kita mengenang perjuangan di Ponegoro, Cut Nyak Dien, Imam Bonjol dan lain-lain dengan segenap kekuatan Dan mental patriotik, tidak dapat mengusir penjajahan di tanah nusantara. Di karenakan perjuangan tersebut dapat di katakan perjuangan lokal saja. Namun pasca  kita bersatu Dan bergotong royong kemerdekaan dapat kita rebut Dan di pertahankan.


Dari pemaparan di atas dapat di simpulkan musyawarah dengan gotong royong sebagai bentuk kemufakatannya, ialah suatu metode yang telah teruji  dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.


Namun teramat di sesalkan, dimana saat ini para elite-elite politik tidak memiliki itikat untuk kembali kepada jati diri bangsa, yakni Musyawarah dengan gotong royong sebagai bentuk kemufakatannya. Malah ber alih dengan metode pemilihan umum menang Dan kalah, dimana metode ini sangat riskan akan membawa bangsa ini kepada perecahan, Politik adu domba dengan kemasan baru.

“…demokrasi kita berbeda dengan demokrasi barat, demokrasi kita MUSYAWARAH-MUFAKAT…” Ir soekarno 

Aldi G10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: