Pancasila Dan UUD 1945 teks asli ialah konsepsi kehidupan berbangsa Dan bernegara secara utuh –


Saat ini saya bersyukur kepada ALLAH swt Musyawarah-mufakat perlahan-perlahan menjadi suatu isu yang sexsi di media masa, meskipun musyawarah-mufakat yang di perbincangkan hanya berbentuk pemahaman yang parsial, bukan menjadi satu konsep yang utuh dalam bingkai NKRI dan menjadi suatu rangkaian sistem yang saling mengikat antara pasal satu dengan lainnya dalam kehidupan berbangsa Dan bernegara.


Pasca di amandemen UUD1945 Kedaulatan rakyat tidak dapat tersealisai Dan menjadi satu pola yg sistematis seperti yang tertera dalam Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 teks asli dimana tertulis : “KEDAULATAN DI  TANGAN RAKYAT SEPENUHNYA DI JALANKAN OLEH MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT ” manifestasi dari sila ke 4 pancasila “KERAKYATAN YANG DI PIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATA PERWAKILAN” dimana rakyat terposisikan untuk menetapkan aturan-aturan dalam kehidupan berbangsa Dan bernegara dalam bentuk ” GBHN Dan UUD “, sehingga rakyat memiliki wadah yang konsitusional yakni MPR Dan menjadi lembaga Tertinggi.

Pasca amandemen UUD 2002 di tetapkan, pasal 1 ayat 2 menjadi ” KEDAULATAN DI TANGAN RAKYAT SEPENUHNYA DI JALANKAN BERDASARKAN UUD “, mari kita lihat di pasal-pasal UUD 2002 apakah ada klausul yang memaparkan mengenai wadah kedaulatan rakyat, ternyata tidak ada Dan MPR tidak lagi dapat menetapkan GBHN, Hal ini mengakibatkan rakyat tidak lagi memiliki wadah yang konsitusional untuk menetapkan aturan-aturan dalam kehidupan berbangsa Dan bernegara, dalam artian kedaulatan rakyat di mandulkan.

Ada yang khawatir bila Kembali kepada Pancasila Dan UUD 1945 teks asli, akan kembali ke masa orde baru. Pernyataan tersebut terlalu naif, karena sejatinya Pak harto tidak mampu mengoprasionalkan pancasila Dan UUD 45 asli secara murni konsekuwen.

Saya simulasikan bangunan NKRI dengan UUD 1945 teks asli yg terbangun secara sistem sehingga bangunan NKRI kokoh berdiri


(Aldi G10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: